Worksheet

Lembar Kerja 1

Lembar Kerja “Dilema Merkuri (Hg) dalam Pemutih Kulit”
Nama :
Kelas :

1. Produk kosmetik termasuk pemutih wajah sebagian besar megandung Merkuri (Hg) yaitu logam berat yang memiliki simbol zat kimia :

skull

Apa maksud dari simbol tersebut? Bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh apabila kita menggunakan kosmetik yang mengandung merkuri?

2. Merkuri dapat menghambat pertumbuhan pigmen pada kulit, ini merupakan alasan mengapa merkuri dijadikan bahan pemutih wajah dalam produk kosmetik modern. Bahan aktif dalam kebanyakan kosmetik pemutih modern adalah garam Merkuri, bahan paling sering digunakan yaitu HgNH2Cl2. Apa nama senyawa dari garam Merkuri tersebut?

3. Merkuri atau raksa yang sering digunakan dalam prosuk pemutih wajah yang bekerja menggangu kerja enzim tirikinaase yang bertanggung jawab pada tahap pertama oksidasi tirosin menjadi melanin yang merupakan tahap awal dari reaksi berantai pembentukan melanina, sehingga pembentukan melanin tidak terjadi dan kulit akan tampak cerah atau lebih putih. Merkuri adalah unsur yang mempunyai nomor atom (NA) 80 serta mempunyai masa molekul relatif (Mr =200,59).
a. Tuliskan konfigurasi elektronnya
b. Tentukan golongan dan periode
c. prediksikan sifat fisik dari merkuri (seperti wujudnya)? Apakah merkuri termasuk unsure logam atau nonlogam?

4. Pengaruh negatif Merkuri terhadap tubuh bergantung pada bentuk kimia. Biasanya merkurio organic seperti metal merkuri lebih membahayakan daripada merkuri anorganik, misalnya HgCl2. Apa jenis ikatan kimia yang terbentuk pada HgCl2? Jelaskan proses pembentukan ikatannya.

Lembar Kerja 2

Lembar Kerja “Dilema Natrium Benzoat Sebagai Bahan Pengawet Makanan”
Nama :
Kelas :

1. Natrium Benzoat adalah bahan pengawet makanan dan minuman yang tertera hampir disemua label kemasan pada komposisi minuman maupun makanan. Apa nama rumus kimia dari Natrium Benzoat dan gambarkan rumus strukturnya !

2. Natrium Benzoat yang memiliki nama lain Sodium Benzoat atau Soda Benzoat, merupakan garam dari asam benzoat yang diproduksi dengan mereaksikan sodium hidroksida dengan asam benzoate. Buatlah persamaan reaksi pembentukan Natrium Benzoat !

3. Berdasarkan Permenkes No. 722/ 1988 Natrium Benzoat merupakan salah satu bahan pengawet kimia yang diizinkan penggunaannya untuk mencegah kerusakan dan memelihara kesegaran makanan atau bahan makanan. Natrium Benzoat berupa bubuk kristal berwarna putih, granula tanpa bau larut dalam air dan juga dapat larut dalam alkohol. Memiliki fungsi sebagai anti mikroba yang optimum pada pH 2,5 – 4,0 untuk menghambat pertumbuhan kapang dan kamir dengan cara menekan pertumbuhan mikro organisme (jamur).
a. Bersifat apakah Natrium Benzoat tersebut? Apakah asam, basa, atau garam !
b. Apakah wujud dari Natrium Benzoat?
c. Pada keadaan apakah pH Natrium Benzoat dapat bekerja efektif?

4. Natrium benzoate sebagai bahan pengawet sering digunakan bersamaan dengan asam askorbat (Vitamin C), hal ini sangat menghawatirkan karena kedua senyawa ini dapat membentuk benzen (C6H6) jika terpapar oleh sinar matahari. Seperti telah diketahui banyak orang bahwa benzene memiliki sifat karsiogenetik (pembawa kanker), senyawa ini dapat dihasilkan dari dekarboksilasi asam benzoate oleh asam askorbat. (Ar C = 12, Ar H = 1)
a. Buatlah struktur benzene !
b. Hitunglah Massa Molekul Relatif (Mr) Benzena !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s